Pemilihan Dekan SB IPB Penuh Rasa Kekeluargaan

Saturday April 15th, 2017 | Humas SB-IPB

(Bogor, 15/4/2017) Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB-IPB) adalah hasil elevasi dari Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis (MB-IPB) berdasarkan SK Nomor 5/IT3/OT/2015 tentang Pembentukkan Sekolah Bisnis IPB, dengan mandat menyelenggarakan Program Studi Sarjana Bisnis (S1), Program Studi Magister Bisnis (S2) dan Program Studi Doktor Bisnis (S3). Tidak hanya mengubah program studi menjadi sekolah atau setara dengan fakultas, tetapi SB IPB juga mengubah struktur kepemimpinannya yang semula dipimpin oleh Direktur, sekarang menjadi dipimpin oleh Dekan.

Proses pemilihan Dekan SB IPB sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Rektor IPB Nomor 1/IT3/KP/2017 tentang Tata Cara Pemilihan, Penugasan, dan Pemberhentian Dekan dan Wakil Dekan pada Sekolah di Lingkungan Institut Pertanian Bogor. Sesuai Pasal 7 pada SK Rektor IPB tersebut, proses diawali dengan tahap sosialisasi, penjaringan, dan penetapan bakal calon dekan. SB IPB menetapkan 5 (lima) bakal calon Dekan pada tahap pertama ini. “Dalam penjaringan, semua dosen tetap SB memberikan suara dengan memilih 5 bakal calon. Dari suara yang terkumpul, ada 6 calon yang berhasil mengumpulkan 5 jumlah tertinggi. Ada 2 bakal calon yang menerima jumlah suara yang sama pada peringkat 5. Namun, dengan rasa kekeluargaan, salah satu bakal calon memberikan kesempatan kepada yang lebih muda untuk maju ke tahap berikutnya,” ungkap Dra. Alfa Chasanah, MA selaku Ketua Panitia Pemilihan Dekan SB IPB.Menurut Alfa, suasana pemilihan dekan SB penuh kekeluargaan dan berjalan lancar. “Saya rasa, suasana pemilihan dekan di SB terlaksana dengan penuh rasa kekeluargaan dan semua mengharapkan bahwa kita akan selalu menjadikan SB sebagai rumah kita bersama, membuat kita selalu merasa nyaman dengan penuh kasih juga setumpuk prestasi.”

Setelah penjaringan, tahap berikutnya adalah pemaparan rencana strategis dan program kerja calon dekan, lalu berakhir pada pemilihan calon dekan. Atas musyawarah Senat Akademik, akhirnya terpilihlah 3 (tiga) nama calon dekan yang diajukan ke Rektor. Setelah melalui proses yang panjang, terpilihlah Prof. Dr. Ir. Noer Azam Achsani, MS sebagai Dekan SB IPB periode 2017-2022 yang dilantik oleh Rektor pada tanggal 10 April 2017 lalu.

Terpilihnya Prof. Azam dalam pemilihan dekan ini terkait dengan program kerja yang beliau usung saat tahap pemaparan program kerja. Salah satu program kerjanya adalah peningkatan mutu pendidikan dengan cara membentuk kelompok kerja dan inkubator bisnis di lingkup SB IPB. Seluruh mahasiswa dan civitas akademik SB IPB tentu mengharapkan program kerja tersebut serta program yang lainnya segera terlaksana, mengingat SB IPB juga mempunyai tagline yaitu ‘Creating New Entrepreneurs and New Venture’. (faa)

Tinggalkan Balasan