Business Ethics and Robotic Technology

Friday May 19th, 2017 | Humas SB-IPB

Alumnisbipb.com BOGOR – CEO Forum, kegiatan rutin mingguan Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor (SB IPB), pada hari Selasa tanggal 2 Mei 2017 mendatangkan dua sosok hebat. Mereka adalah Ms. Zarah San Juan Causo, MSc dan Mr. Dr. Albert Causo. Sesi pertama diawali oleh Ms. Zarah San Juan Causo, MSc. Beliau bekerja sebagai Price Analyst di Singapura. Ms. Zarah menyampaikan materi tentang etika bisnis dan perbandingan budaya kerja antara Singapura dan Jepang karena beliau sudah berpengalaman bekerja di dua negara tersebut.
Terdapat perbedaan yang signifikan antara dua negara tersebut mengenai budaya kerja, terutama pemanfaatan waktu bekerja. Di Jepang, para pegawai sangat loyal terhadap perusahaannya dalam arti mereka akan menjadi pegawai perusahaan tersebut selamanya. Selain itu, seluruh aktivitas pegawai sudah diatur sedemikian rupa, contohnya adalah para pegawai harus datang 15 menit sebelum jam kerja dimulai. Lalu, tata cara berpakaian kerja di Jepang juga diseragamkan sehingga terlihat rapi. Sementara budaya kerja di Singapura cenderung lebih santai dan pegawai tidak terlalu terikat dengan perusahaan. Negara dengan ikon Merlion itu pun memiliki toleransi terhadap jam masuk kerja, yaitu hingga 30 menit. Tata cara berpakaian di Singapura pun lebih fleksibel dan lebih berwarna. Beliau mengatakan bahwa mungkin terlihat lebih mudah berkarier di Singapura, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di Jepang selagi memiliki kemampuan yang teruji dan diperlukan di perusahaan negara tersebut serta bisa beradaptasi dengan budaya kerjanya.
Robotic_2 small
Sesi kedua diisi oleh Mr. Dr. Albert Causo. Beliau adalah lulusan dari Nanyang Technologycal University dan sekarang berprofesi sebagai peneliti di Robotics Research Center of Nanyang Technologycal University Singapore. Mr. Albert menyampaikan definisi robotik dan menjelaskan perkembangan robotik ke depannya. Para mahasiswa yang hadir diberikan pengetahuan bahwa yang disebut robotik yaitu jika benda tersebut bisa bergerak, peka terhadap lingkungan, dan dapat mengambil keputusan. Beliau menjelaskan bahwa di masa yang akan datang, sumber daya manusia lambat laun akan tergantikan oleh robot. Perkembangan robotik yang pesat juga menjadi peringatan bagi Indonesia bahwa akan semakin banyak industri yang mengganti tenaga manusia dengan robot. Indonesia harus memikirkan solusi agar bersiap menghadapi teknologi yang semakin canggih dan tidak hanya menjadi konsumen bagi para produsen dari negara lain.
IMG_6176 small
Mr. Albert berkata, “A lot of people have to go to STEM (Social, Technology, Engineering, and Math) because everything now is about apps.” Lalu, beliau menyampaikan bahwa kemampuan yang paling penting era sekarang adalah technical knowledge dan teamwork and communication. Sementara kemampuan yang paling sulit dicari pada masa sekarang adalah strategic thinking and problem solving, technical knowledge, innovation, dan creativity.
Pada akhir forum, ada pemberian plakat kepada Mr. Dr. Albert Causo dan Ms. Zarah San Juan Causo, MSc oleh mahasiswa S1 dan S2 SB IPB. (faadhila)

Tinggalkan Balasan